Tips Menghitung Masa Kesuburan

hitung masa subur wanita

Seorang wanita biasanya berovulasi 14 hari sebelum periode berikutnya nya.
misalnya, jika seorang wanita memiliki 28 hari siklus menstruasi yang teratur, menghitung hari pertama haid sebagai hari pertama, maka dia akan biasanya ovulasi pada hari ke-14 siklus Jika dia berlangsung 32 hari, maka biasanya dia berovulasi pada hari 18. Setelah ovulasi telah terjadi, sperma hanya memiliki 24 jam di mana untuk membuahi telur di saluran telur wanita. sperma bisa bertahan hingga tujuh hari setelah hubungan seksual.

Dengan pengetahuan cara menghitung masa subur wanita ini sekarang menjadi mungkin untuk mengidentifikasi tiga fase kesuburan selama setiap siklus menstruasi. Namun, jika siklus seorang wanita tidak teratur maka jelas itu lebih sulit untuk memprediksi kapan ovulasi mungkin terjadi.

Tahap pertama adalah tahap  subur, atau periode aman pertama, ketika seorang wanita tidak mungkin untuk jatuh hamil. Ini dimulai pada hari pertama periode wanita dan berakhir pada tanggal awal dari mana sperma bisa bertahan hidup cukup lama untuk membuahi sel telur. Periode yang aman pertama ini adalah singkat karena sperma bisa bertahan hingga tujuh hari setelah berhubungan dan seorang wanita mungkin mengalami ovulasi awal. Oleh karena itu, hubungan seks tanpa kondom selama tahap pertama ini dapat mengakibatkan kehamilan.

Fase subur adalah waktu ketika seorang wanita paling mungkin untuk jatuh hamil. Pasangan yang tidak ingin hamil, sebaiknya menghindari hubungan seksual selama ini atau menggunakan metode kontrasepsi lain seperti kondom. Jika kehamilan diinginkan maka ini adalah waktu ketika seorang wanita paling mungkin untuk hamil. Fase subur berlangsung dari akhir fase pertama sampai 24 jam setelah ovulasi.

Tahap kedua subur atau periode yang aman ketika seorang wanita kurang cenderung jatuh hamil adalah lebih diprediksi dari tahap pertama. Fase ini berlangsung dari akhir fase subur sampai awal periode berikutnya wanita.

Akurat mengidentifikasi waktu ovulasi adalah hal terpenting dalam keluarga berencana alami. Tiga metode utama menghitung saat ovulasi kemungkinan terjadi adalah:

metode kalender
metode suhu
tes lendir.

Metode kalender
Apa metode kalender?

Metode kalender memanfaatkan pengetahuan kita tentang ketika seorang wanita cenderung ovulasi. Hal ini memungkinkan banyak perempuan untuk menghitung masa subur dan tidak subur mereka dijelaskan di atas. Masa subur biasanya terjadi 12 sampai 16 hari sebelum periode dimulai.
Bagaimana saya mempersiapkan diri untuk menggunakan metode kalender?

Sebelum menggunakan metode kalender, seorang wanita harus membuat catatan rinci periode selama enam bulan. Setiap bulan, Anda harus mencatat jumlah hari antara memulai satu periode dan berikutnya. Kemudian bekerja keluar terpanjang dan interval terpendek antara periode Anda. Sekarang Anda siap untuk mulai menghitung.

Hal ini dapat sulit untuk melakukannya dengan benar dan Anda akan memerlukan pena dan kertas. Dari interval terpendek Anda selalu mengurangi 18 hari. Jika misalnya, waktu terpendek antara memulai satu periode dan berikutnya selama enam bulan terakhir adalah 27 hari, dengan mengurangi 18, Anda tiba pada hari ke-9 setelah awal periode Anda.

Dari interval terpanjang Anda selalu mengurangi 11 hari. Misalnya jika ruang terpanjang antara periode awal adalah 31 hari, kurangi 11 untuk sampai pada hari ke-20 setelah dimulainya periode Anda. Menggunakan angka dalam contoh ini, tahap aman pertama akan dari satu hari ke hari delapan, fase saat konsepsi yang paling mungkin terjadi akan menjadi antara hari 9 hari 20 dan tahap kedua akan aman dari hari 21 ke awal periode berikutnya. Harap dicatat bahwa angka-angka ini adalah contoh saja dan Anda akan perlu untuk melakukan perhitungan sendiri untuk bekerja di luar masa subur dan kurang subur Anda sendiri.

hitung masa subur

Jika menstruasi Anda lebih teratur, yang tidak aman (subur) periode akan lebih panjang.
Tuntutan apa metode kalender buat?

Metode penghitungan ovulasi menuntut rekaman yang akurat dari interval waktu Anda.

Jika Anda tidak ingin menjadi hamil Anda akan perlu untuk dapat mentolerir mantra panjang tanpa seks kecuali bentuk-bentuk kontrasepsi yang digunakan.

Atau, jika pasangan sedang mencoba untuk memiliki bayi, dapat membantu mereka mengidentifikasi tanggal saat konsepsi yang paling mungkin terjadi.
Metode suhu (juga dikenal sebagai suhu tubuh basal atau metode BBT)
Apa metode suhu?

Seperti yang telah kita dijelaskan di atas, kemungkinan jatuh hamil jauh lebih besar sekitar waktu ovulasi.

Metode Suhu membantu wanita menemukan ketika mereka sedang berovulasi dengan mengambil suhu mereka setiap pagi.

Sehari setelah ovulasi berlangsung suhu wanita akan naik sekitar setengah derajat Celsius di bawah pengaruh hormon progesteron wanita.
Cara menggunakan metode temperatur

Mengukur Anda disebut suhu ‘dasarsetiap pagi setelah bangun dari setidaknya lima jam istirahat terganggu, dan sebelum turun dari tempat tidur.

Adalah penting bahwa suhu Anda diukur dengan benar menggunakan yang sama, termometer yang akurat setiap hari. Jika memungkinkan, juga harus diambil kira-kira pada waktu yang sama setiap hari. Mencatat suhu harian Anda.

Begitu tiga berturut-turut suhu yang lebih tinggi dari rata-rata telah dicatat (berdasarkan enam pengukuran sebelumnya yang bulan), ovulasi telah terjadi. Ini disebut tiga lebih dari enam aturan‘.
Berapa lama masa subur ini berlangsung?

Dari hari ketiga setelah ovulasi hari ketiga peningkatan suhu ada kemungkinan bahwa telur tidak akan dibuahi dan bahwa tubuh wanita telah memasuki tahap kedua subur.
Apa kelemahan atau limitatations metode suhu?

Motivasi yang cukup diperlukan untuk mengukur dan mencatat suhu dengan cara yang benar setiap pagi. Teknik ini tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi tahap subur pertama, yaitu sebelum ovulasi. Rekaman suhu dapat menjadi rancu atau samar  jika seseorang wanita memiliki infeksi seperti flu.

Nah itulah artikel bagaimana cara menghitung masa subur wanita dari kami semoga ada manfaat nya untuk Anda

Terimakasih

3 thoughts on “Tips Menghitung Masa Kesuburan

  1. Hello i see your website needs more backlinks in order to
    rank in google. Do you know that contextual backlinks are the best backlinks?

    Google loves them. But where to get high quality content for contextual backlinks?
    I know the right tool, just type in google:
    sosenth’s article tool

  2. I see many sites outrank your website in google’s
    search results. You should build more contextual backlinks.
    These type of backlinks are the best after all these google algorithm updates.
    I know writing content is hard work, but i know what can help you save a lot of
    time, search in google for:
    Jyengmos’s Rewriter

  3. Very informative article, i’m regular reader of your blog.
    I noticed that your site is outranked by many other
    blogs in google’s search results. You deserve to be in top ten. I know what
    can help you, search in google for:
    Omond’s tips outsource the work

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>